24 Jul 2008

Sepuluh Transfer Terbaik (Hingga 21 Juli)


Faktor-faktor yang dipertimbangkan adalah:
(a) penampilan pemain selama 12 bulan terakhir,
(b) potensi yang dimiliki pemain dan
(c) biaya transfer.

Terdapat tiga pemain baru pekan ini, dan yang keluar dari daftar sepuluh transfer terbaik adalah
(i) Hatem Ben Arfa (Fiorentina ke Atletico Madrid) - pekan lalu di urutan kesepuluh,
(ii) Alberto Gilardino (Milan ke Fiorentina) - pekan lalu nomor sembilan, dan
(iii) Seydou Keita (Sevilla ke Barcelona) - pekan lalu peringkat kedelapan.

10. Ezequiel Garay (Racing Santander ke Real Madrid)
Pekan Lalu: 7

Barcelona seolah-olah berhasil memboyong Garay, tapi waktu terus berjalan ketika Frank Rijkaard di ambang pemecatan dan masuknya pelatih baru. Madrid berhasil menyalip Barca untuk tanda tangan Sergio Ramos beberapa tahun lalu, sebuah transfer spektakuler! Transfer Garay ini tidak akan beda.

9. Deco (Barcelona ke Chelsea)
Pekan Lalu: 6

Meskipun sudah menginjak usia 30 tahun, penampilannya selama Euro 2008 menunjukkan Deco masih dalam kondisi prima. Dia memang bukan seorang Frank Lampard yang mampu mencetak gol banyak, tapi dia juga memiliki kualitas yang justru tidak dikuasai Lampard. Kreatifitas tinggi, ketajaman di lini tengah, dan keahlian menggiring bola cukup menjadi bukti kenapa Deco memenangkan dua titel Liga Champions bersama dua klub yang berbeda - FC Porto dan Barcelona. Akhirnya, Chelsea merebut pemain yang bisa bermain sepakbola indah sebagaimana yang diinginkan pemiliknya. Bersama Ballack dan Essien, lini tengah Chelsea semakin ampuh.

8. Amantino Mancini (AS Roma ke Inter Milan)
Peserta Baru

Jose Mourinho bukan pelatih terbaik dalam menerapkan sexy football. Tapi dia menyukai seorang winger yang cepat dan agresif di salah satu sisi lapangan. Mancini memiliki kemampuan itu, dan dia bisa bermain lincah sebagaimana yang ditunjukkan Arjen Robben di Chelsea beberapa tahun silam. Sayangnya, Mancini angin-anginan, seperti yang terlihat di Roma musim lalu. Kurangnya konsistensi yang dibutuhkan The Special One akan membuat Mancini lebih fokus untuk meningkatkan ketajamannya.

7. Amauri (Palermo ke Juventus)
Pekan Lalu: 5

Striker Brasil-Italia ini sudah dari dulu pantas masuk klub papan atas. Amauri sudah menunjukkan tajinya bersama Palermo, dan prospeknya mendapatkan servis berkualitas dari lini tengah Juve akan membuat kewalahan pertahanan lawan. Waspadai Juventus di Liga Champions kali ini!

6. Daniel Alves (Sevilla ke Barcelona)
Pekan Lalu: 4

Chelsea, Real Madrid, Liverpool, Manchester United - inilah semua klub yang membidik Alves selama 18 bulan terakhir. Tapi, mereka kalah bersaing dengan Barcelona yang berhasil menempuh negosiasi panjang dengan Sevilla. Mungkin harga 30 juta euro terlalu mahal (dia akan masuk nomor satu dalam daftar ini jika harganya 10 juta lebih murah), tapi dia merupakan full back penyerang terbaik dunia saat ini sejak Roberto Carlos.

5. Samir Nasri (Marseille ke Arsenal)
Pekan Lalu: 3

Pemain timnas Prancis ini merupakan pilihan yang tepat untuk skuad muda The Gunners. Banyak pihak yang memandangnya sebagai pengganti Aliaksandr Hleb, tapi ada juga yang menyebutnya sebagai Zidane baru. Meskipun pernah bermasalah dengan cedera, playmaker ini berpotensi melahirkan petaka besar buat lawan-lawannya.

4. Ronaldinho (Barcelona ke AC Milan)
Peserta Baru

Sebuah perjudian yang layak diambil oleh Milan. Bandrol Ronaldinho turun sepertiga dari nilai jualnya tahun lalu. Di usia 28, playmaker Brasil ini masih menyimpan segudang potensi. Dengan latihan yang keras dan diet yang cukup, dia akan kembali prima selama tiga atau empat musim bersama Rossoneri.

3. Luka Modric (Dinamo Zagreb ke Tottenham)
Pekan Lalu: 2

Pemain muda paling top di Kroasia berhasil digaet Spurs, meskipun klub besar lainnya seperti Barcelona dan Chelsea juga berminat. Lini tengah klub besutan Juande Ramos musim depan bakal ampuh.

2. Aliaksandr Hleb (Arsenal ke Barcelona)
Peserta Baru

Pembelian yang cerdik oleh Barcelona. Lionel Messi akan tetap memimpin lini tengah tim, tapi mereka tidak perlu Ronaldinho, melainkan gelandang yang bisa menyerang dari segala sisi, tak mengenal lelah dan bisa mendukung lini depan tanpa harus menahan bola terlalu lama atau memonopoli pusat perhatian. Nilai transfer pemain Belarus ini juga rendah.

1. Mathieu Flamini (Arsenal ke Milan)
Pekan Lalu: 1

Pemain Prancis ini merupakan salah satu pemain terbaik Arsenal musim lalu, dan keberhasilan Milan merekrutnya adalah transfer terbesar sementara di musim panas ini. Menariknya, Flamini diraih Milan melalui free transfer alias gratis.

(*)

Silahkan sampaikan pendapat Anda melalui formulir komentar di bawah ini. Anda juga berhak menyebut “Sepuluh Transfer Terbesar” versi Anda sendiri.

1 komentar:

Marwan mengatakan...

kasih komentar terbaik anda...